Powered By Blogger

Sabtu, 10 September 2011

RESUME PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBYEK (1)

SOFTWARE ENGGINERING
Software Engginering ( Rekayasa PErangkat Lunak ) merupakan sesuatu yang menjebatani antara IT dengan pengguna IT dengan memperhatikan :


  1. Modeling Activity -- memodelkan suatu problem / aktivitas IT
  2. Problem Solving -- digunakan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan suatu masalah IT.
  3. Knowladge Aquisition Action -- agar bisa membaca survey, data, procedur, tool, dll.
  4. Rasional Driver -- harus bisa diperankan secara logis dan rasional.
Berorientasi Obyek :

  • Merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sistem sebagai kumpulan obyek - obyek diskrit yang saling berinteraksi satu sama lain.
  • Merupakan cara pandang / cara pikir untuk membuat perangkat lunak, bukan sekedar algoritma yang diterapkan pada bahasa berorientasi obyek.
  • Setiap obyek memiliki 2 pengenal, yaitu informasi tentang obyek itu sendiri dan perilaku yang mengaturnya.
  • Contoh : 
    • Obyek : Binatang
      • Harimau
      • Kucing
      • Ayam
Perbedaan pemrograman clasical dan pemrograman OOP :
Clasical :
  • Membuat code form, text box, button, dsb.
  • Code utama dan tampilan dicampur jadi satu.
  • Sering disebut Spagetthy Code karena codingnya susah dipahami.
OOP :
  • langsung bisa membuat form dengan "form f = new form ;"
  • bisa langsung memberi message, event, dll.
  • tampilan tidak bercampur dengan code utama.
KONSEP BERORIENTASI OBJECT
  • Abstraksi ( Abstraction )
    • Merupakan paling dasar untuk mengelola kompleksitas.
    • Merupakan pengambilan sesuatu yang penting dan relevan dari ssuatu yang rumit.
  • Pengkapsulan ( Encapsuulation )
    • Memisahkan aspek - aspek eksternal object yang dapat diakses object - object lain dari rincian implementasi object itu sendiri.
    • Terdapat Information Hidding dan Algoritma Hidding.
  • Pewarisan ( Inheritance )
    • Inheritance adalah pewarisan yang artinya sebuah kelas yang mewarisi atribut dan methode dari kelas lain yang masih sejenis, sebagai contoh dalam dunia nyata adalah kelas hewan menurunkan sifat dan kemampuannya kepada kelas hewan mamalia, kelas hewan bertulang belakang dll, kelas Hewan sebagai superclass dan mewarisi atribut juga methodenya kepada hewan mamalia sebagai subclass.
  • Polymorphism
    • Polymorphism adalah suatu object dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai object dari class sendiri atau object dari superclassnya.
      - Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter)
      - Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.
  • Massage Parsing
    • Obyek - obyek dalam sistem bekerja sama dengan mengirimkan pesan dari satu obyek ke obyek lainnya.
  • Asosiasi
    • Obyek tanpa proses asosiasi tidak bisa mengirimkan pesan.
    • Asosiasi dapat diartikan : "  is the friends of ... "
  • Agregasi
    • Merupakan bentuk yang lebih kuat dari Asosiasi yang harus saling melengkapi, apabila salah satu tidak ada maka nilainya = 0 --> salah.
    • Agregasi ditandai dengan simbol garis seperti disamping :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar