Pertemuan 4
E - Marketplace
Dunia maya yang tercipta karena berkembangnya teknologi internet, secara tidak langsung membentuk sebuah pasar atau arena perdagangan tersendiri yang kerap dinamakan sebagai e-Marketplace.
Di dalam e-Marketplace berinteraksi pula berbagai perusahaan-perusahaan di dunia tanpa dibatasi oleh teritori ruang (geografis) maupun waktu. Beragam produk dan jasa dalam berbagai bentuknya dicoba ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah “go internet” ini dalam berbagai domain industri, sehingga menghasilkan suatu nilai dan volume perdagangan yang tidak kalah besar dari pasar konvensional.
- Public Exchange : Membuka Tempat untuk Bisnis apapun
- Cunsortium Exchange : Terdapat grub tertentu yang memiliki kepentingan sama dan saling menyatu
- Private Exchange : Dimiliki oleh satu perusahaan
Keuntungan e – marketplace bagi pembeli :
- Mempermudah pencarian dan perbandingan produk beserta segala informasiterbaru baik secara kualitas maupun harga sesuai dengan apa yang diinginkan dari berbagai supplier yang ada.
- Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persainganharga antar supplier secara global.
- Mengurangi biaya pengadaan barang ( purchasing cost )
Keuntungan untuk penjual :
- E – market place mempermudah pencarian pembeli – pembeli baru
- Penjualan dapat dikembangkan ke segala pelosok dunia
- Dapat menjadi sarana promosi produk / service 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, sehingga mengurangi ongkos promosi.
- Mengurangi biaya transaksi dan sales.
- Memperbesar kemungkinan bagi industry kecil untuk ikut serta berkompetisi dalam memasarkan produknya.
- Memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisa supply pasar, market demand dan tren pembeli.
Model-Model E-Business
Faktor-faktor keberhasilan E-Business :
- B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
- B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
- Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis. EDI :
- Meningkatkan tingkat akurasi
- Mengurangi biaya
- Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
- Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
- Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi
Infomediaries : adalah infomedia yang dikhususkan untuk memberikan informasi di internet.
Transaction Cost : - Bargaining cost : negosiasi antara buyer dan seller
- Decision cost : membandingkan harga
- Policing cost : biaya yang sudah sesuai dengan kontrak
Pertemuan 6
E – Marketing Adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber.
Fungsi Permintaan : menunjukkan hubungan yang ada antara jumlah barang yang diminta dengan semua factor yang mempengaruhinya. Beberapa Variabel Yang Menentukan Permintaan :
- Variabel Strategis
- Variabel yang dapat digunakan untuk mempengaruhi permintaan secara langsung, oleh karena itu variable ini disebut juga variable yang dapat dikontrol (Controllable Variable)
- Variabel Konsumen
- Variabel Pesaing
- Variabel Lain
Arista Mahaseptiviana
09410100126
09410100126
Tidak ada komentar:
Posting Komentar