Powered By Blogger

Kamis, 20 Oktober 2011

RESUME E-BUSINESS PERTEMUAN 4 s/d PERTEMUAN 6

Pertemuan 4
E - Marketplace

Dunia maya yang tercipta karena berkembangnya teknologi internet, secara tidak langsung membentuk sebuah pasar atau arena perdagangan tersendiri yang kerap dinamakan sebagai e-Marketplace.


Di dalam e-Marketplace berinteraksi pula berbagai perusahaan-perusahaan di dunia tanpa dibatasi oleh teritori ruang (geografis) maupun waktu. Beragam produk dan jasa dalam berbagai bentuknya dicoba ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah “go internet” ini dalam berbagai domain industri, sehingga menghasilkan suatu nilai dan volume perdagangan yang tidak kalah besar dari pasar konvensional.

Tipe – Tipe Market Place : 
  • Public Exchange : Membuka Tempat untuk Bisnis apapun 
  • Cunsortium Exchange : Terdapat grub tertentu yang memiliki kepentingan sama dan saling menyatu
  • Private Exchange : Dimiliki oleh satu perusahaan 

Keuntungan e – marketplace bagi pembeli : 

  • Mempermudah pencarian dan perbandingan produk beserta segala informasiterbaru baik secara kualitas maupun harga sesuai dengan apa yang diinginkan dari berbagai supplier yang ada. 
  • Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persainganharga antar supplier secara global. 
  • Mengurangi biaya pengadaan barang ( purchasing cost ) 

Keuntungan untuk penjual : 

  • E – market place mempermudah pencarian pembeli – pembeli baru 
  • Penjualan dapat dikembangkan ke segala pelosok dunia 
  • Dapat menjadi sarana promosi produk / service 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, sehingga mengurangi ongkos promosi. 
  • Mengurangi biaya transaksi dan sales. 
  • Memperbesar kemungkinan bagi industry kecil untuk ikut serta berkompetisi dalam memasarkan produknya. 
  • Memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisa supply pasar, market demand dan tren pembeli. 


Pertemuan 5 

Model-Model E-Business 
  • B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi. 
  • B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi) 
Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis :
  • Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis. EDI : 
    • Meningkatkan tingkat akurasi 
    • Mengurangi biaya 


Faktor-faktor keberhasilan E-Business :
  1. Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business. 
  2. Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan. 
  3. Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi 

Infomediaries : adalah infomedia yang dikhususkan untuk memberikan informasi di internet. 
Transaction Cost : 
  • Bargaining cost : negosiasi antara buyer dan seller 
  • Decision cost : membandingkan harga 
  • Policing cost : biaya yang sudah sesuai dengan kontrak 


Pertemuan 6 

E – Marketing Adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. 



Analisa Permintaan ( Demand ) 
Fungsi Permintaan : menunjukkan hubungan yang ada antara jumlah barang yang diminta dengan semua factor yang mempengaruhinya. Beberapa Variabel Yang Menentukan Permintaan :
  • Variabel Strategis 
    • Variabel yang dapat digunakan untuk mempengaruhi permintaan secara langsung, oleh karena itu variable ini disebut juga variable yang dapat dikontrol (Controllable Variable)
  • Variabel Konsumen 
  • Variabel Pesaing 
  • Variabel Lain


Arista Mahaseptiviana
09410100126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar