Powered By Blogger

Minggu, 02 Oktober 2011

TUGAS PERENCANAAN STRATEGIS SI / TI - ATTENZIONE PROSTITUTE

ANTARA PROSTITUSI DAN IT


Sekarang ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat tdk hanya mengubah cara brkomunikasi dan dunia krja, tetapi lbih jauh lagi telah membuat sebuah alam persaingan baru dalam berbisnis. Di dalam area prostitusi pun kini telah dijadikan lahan bisnis bagi pebisnis perdagangan wanita, dimana mereka mengais keuntungan dari kerja para PSKnya. Sebagai contoh adalah kawasan prostitusi “Dolly” di Surabaya, Jawa Timur. Kawasan tersebut terdiri dari beberapa wisma yang digunakan sebagai transaksi bisnis PSK. 
Untuk itu, di era yang sangat erat dengan Sistem Informasi dan TI ini, imajinasi ide yang bisa saya sampaikan untuk lebih memajukan bisnis tersebut sehingga mampu menambah devisa negara adalah : 
  • Sistem Informasi PSK Berbasis Web
    • Dunia web akhir - akhir ini sangat digemari masyarakat pada umumnya, bukan hanya usia dini dan remaja, tetapi para orang tua usia produktif pun juga sering menggunakan internet untuk mempercepat pekerjaan mereka dalam berbisnis ataupun yang lainnya. Sehingga dalam Sistem Informasi PSK Berbasis web ini, orang yang ingin berkunjung menikmati suasana di Dolly bisa melihat profil dan spesifikasi masing2 PSKnya dalam situs web tersebut dengan mudah. Mereka pun bisa memesan PSK yang diinginkan seperti memesan barang di web pada umumnya. Dalam web tersebut pelanggan juga bisa melihat spesifikasi room yang disediakan dan juga bisa lagsung memesannya pada hari dan jam yang diinginkan seperti halnya proses booking di hotel. Bagi Pengangguran yang ingin melamar kerja sebagai PSK juga bisa mendaftarkan dirinya dalam web tersebut, yang kemudian proses selanjutnya akan diinformasikan dihalaman web. Sedangkan bagi pelanggan yang lebih dari 10 kali datang ke wisma untuk membooking room, maka akan diberi program diskon trsendiri beserta kartu anggotanya. ^^! Dengan begitu wisma Dolly tersebut bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi. 
  • Penggunaan Internet Banking & SMS Banking 
    • Untuk meringankan beban kasir dalam hal keuangan, maka Internet dan SMS banking juga disediakan setelah pelanggan memesan PSK dan room yang diinginkan di web. Pelanggan bisa mentransfer biaya yang harus dibayar kepada pihak wisma PSK tersebut dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan tidak perlu membayar dengan uang cash di tempat. Jadi pelanggan hanya tinggal check in di wisma, dan kasir akan mengconfirm pelanggan tersebut sudah melunasi kewajibannya atau belum. 
  • Sistem Informasi yang saling terintegrasi antar satu wisma dengan wisma yang lain. 
    • Antar wisma yang satu dengan wisma yang lain harus bisa saling berintegrasi agar pelanggan lebih banyak pilihan dan bisa memperoleh kepuasan yang lebih dalam proses penggunaan webnya. Sebagai contoh apabila di wisma A pelanggan tidak ada yang cocok dengan keinginannya atau PSK / tempatnya masih disewa oleh pelanggan lain, maka system akan men-suggest pelanggan tersebut untuk bisa melihat pada wisma lain. 
Adapun dampak / pengaruh yang mungkin akan muncul dari masuknya IT dalam perdagangan tersebut adalah: 
  • Dampak Politik 
    • Dampak politik yang mungkin terjadi adalah tentang pajak tenaga kerja yang wajib dibayarkan oleh setiap tenaga kerja (PSK) yang sering menimbulkan pro dan kontra. Menurut artikel dalam detiknews.com, pemerintah mengusulkan penerapan pajak 10 % terhadap para PSK untuk sekali kencan. Disatu sisi prostitusi sendiri sangat bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Dan dengan diterapkannya pemungutan pajak bagi PSK berarti pemerintah telah melegalkan prostitusi yang marak di Negara Indonesia Raya ini.
  • Dampak Ekonomi 
    • Dampak ekonomi yang bisa disuguhkan oleh PSK terhadap Indonesia adalah mereka mampu menambah devisa negara dengan semakin maraknya pengangguran yang akhirnya dengan terpaksa mereka berinisiatif untuk berwirausaha dengan membuka kompleks perdagangan wanita, yang akhirnya bisa dijadikan kunjungan wisata bagi wisatawan domestic maupun wisatawan asing sekalipun. 
  • Dampak Sosial 
    • Dampak di bidang sosial pun bisa terjadi akibat mnculnya para PSK yang ditunjang dengan keberadaan teknologi, seperti menurunnya kesadaran akan kesehatan di lingkungan masyarakat sekitar zona prostitusi maupun sang pelanggan sendiri. Khususnya dalam penularan penyakit AIDS atau penyakit kelamin menular lainnya. Selain itu tingkat pengangguran yang semakin meningkat di Indonesia serta semakin mahalnya kebutuhan bisa memicu pengangguran tersebut untuk masuk dalam prostitusi, terutama kaum hawa. 
  • Dampak Teknologi 
    • Selain Dampak Politik, Ekonomi, dan Sosial, Dampak di bidang Teknologi pun bisa terjadi, yaitu semakin berkembang pesatnya teknologi saat ini, semakin besar pula kesempatan para pebisnis dibidang prostitusi untuk mempromosikan wismanya untuk mencapai keuntungan yang sebesar besarnya pula melalui Internet. Proses transaksi yang tadinya dikerjakan manualpun dengan adanya teknologi, maka akan jauh lebih cepat dan mudah dilakukan. Jejaring Sosial yang kian membesar namanya bisa menjadi salah satu alternative termudah untuk melakukan transaksi prostitusi. Itupun kembali kepada hukum Teknologi Informasi yang berlaku di Indonesia. Apabila terbukti di salah gunakan, maka tidak dapat dipungkiri kalau ada salah satu oknum yang melaporkan kepada pihak yang berwajib. :)
    Sekiiiaaann, Terimakasiiihh ... ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar